Sangeh

Sangeh merupakan salah satu destinasi wisata andalan yang terletak di daerah Badung utara. Objek wisata ini setiap harinya selalu dipadati wisatawan domestik maupun mancanegara yang ingin menikmati keindahan yang disuguhkan objek wisata ini. Wisata Sangeh merupakan perpaduan antara wisata spiritual, wisata alam, dan berfungsi sebagai kawasan konservasi karena objek wisata Sangeh ini terdiri dari kawasan hutan lindung seluas ± 14 Hektar.

Kawasan hutan lindung pada objek wisata Sangeh ditumbuhi ratusan pohon besar yang memiliki ketinggian sekitar ± 50 meter yang didominasi pohon pala (dipterrocarpustrinervis), selain itu kawasan ini memiliki penghuni asli yaitu monyet ekor panjang (kera abu-abu) yang berjumlah ratusan ekor. Di dalam kawasan hutan ini terdapat bangunan pura yaitu Pura Melanting dan Pura Pucak Sari yang memiliki arsitektur bangunan yang sangat indah. Wisatawan yang berkunjung akan dihibur oleh tingkah lucu kawanan monyet yang berada di kawasan wisata Sangeh, selain itu di sudut areal pura terdapat beberapa patung arca dan patung kera yang semakin memperindah objek wisata ini.  Keberadaan hutan dan kawanan monyet yang ada di kawasan Sangeh sangat dikeramatkan oleh masyarakat sekitar karena dipercaya sebagai “duwe” (milik/kepunyaan Dewa yang melindungi kawasan Sangeh tersebut).

Wisatawan yang mengunjungi destinasi wisata ini saat memasuki Candi Bentar (pintu gerbang) akan disambut oleh patung besar Kumbakarna yang sedang berkelahi dengan puluhan ekor kera. Patung tersebut menggambarkan salah satu cerita yang ada dalam epos Ramayana, dimana Kumbakarna tersebut merupakan adik dari Rahwana yang diutus untuk melawan pasukan Rama. Setelah menelusuri kawasan hutan dan areal pura yang ada di objek wisata Sangeh, pada ujung jalan menuju pintu keluar terdapat sebuah pohon pala raksasa yang dikeramatkan. Pohon tersebut dikenal dengan nama Pohon Lanang Wadon (pohon laki perempuan), pohon raksasa tersebut dinamakan demikian karena memiliki keunikan yaitu berbentuk seperti kelamin pria dan wanita yang saling bersebelahan. Keunikan Pohon Lanang Wadon menjadi salah satu daya tarik yang ditawarkan destinasi wisata Sangeh bersanding dengan keeksotisan hutan lindung dan tingkah lucu ratusan monyet yang hidup damai di dalamnya.

Ulasan