Pura Uluwatu

Pura Uluwatu merupakan destinasi tujuan wisata favorit yang berada di kawasan  Bali selatan. Bangunan pura ini berdiri kokoh disisi tebing batu karang dengan ketinggian kurang lebih 97 meter diatas permukaan laut yang berada tepat di ujung selatan Pulau Bali. Pura Uluwatu ini merupakan salah satu Sad Kahyangan yang ada di Pulau Dewata, dimana pura dibangun oleh Danghyang Dwijendra.

Kawasan wisata ini memiliki pesona wisata yang sangat indah karena berada disisi tebing karang yang menghadap langsung ke samudra Hindia. Selain menawarkan panorama alam sekitar yang eksotis, wisatawan juga akan disuguhi keindahan arsitektur bangunan pura yang sangat indah dan megah. Wisatawan yang berkunjung akan diberikan selendang dan kain (kamen) oleh pihak pengelola sebagai sarana sebelum memasuki areal Pura Uluwatu. Di kawasan ini wisatawan bisa mengabadikan setiap moment dan berbagai pesona yang ada pada objek wisata Pura Uluwatu.

Pada areal di sebelah selatan Pura Uluwatu terdapat sebuah panggung terbuka tempat pementasan tari kecak yang digelar setiap sore hari di kawasan tersebut. Wisatawan dapat menyaksikan tari kecak pada pukul 18.00 WITA, yang berdurasi selama satu jam pementasan. Tari kecak di kawasan Uluwatu ini dipentaskan oleh beberapa penari dan tarian kecak tersebut menceritakan kisah Ramayana yang akan memukau setiap penonton yang menyaksikannya. Setelah pementasan tari kecak berakhir, wisatawan akan disuguhkan pemandangan matahari tenggelam (Sunset) yang sangat indah di ujung cangkrawala. Panggung pementasan tari kecak kawasan Uluwatu memang didesain menghadap langsung ke lautan lepas sehingga penonton akan menyaksikan tari kecak dengan latar belakang keindahan panorama matahari tenggelam (Sunset) yang tidak dapat ditemukan di kawasan wisata lainnya.

Ulasan