Pura Taman Ayun

Pura Taman Ayun adalah sebuah pura dengan arsitektur bangunannya sangat indah dan memiliki nilai sejarah tersendiri yang terletak di desa Mengwi, Kabupaten Badung. Pura ini berdiri kokoh ditengah kolam buatan yang mengelilingi komplek bangunan pura. Nama Pura Taman Ayun memiliki arti pura dengan taman yang indah, pura ini diberi nama Taman Ayun memangtidak salah karena kawasan pura ini memang memiliki tata ruang bangunan yang sangat indah. Kompleks bangunan pura terlihat seperti mengapung di tengah kolam yang mengelilinginya, selain itu juga di halaman luar kompleks pura terdapat taman yang cukup luas dan sejuk dengan panoramanya yang indah. Sehingga tidak salah jika Pura Taman Ayun menjadi salah satu destinasi wisata favorit wisatawan yang berkunjung ke Pulau Dewata karena keindahan dan keeksotisan yang dimilikinya.

Menurut beberapa sumber sejarah, Pura Taman Ayun dibangun oleh I Gusti Agung Putu pada tahun 1634 Masehi (1556 saka) yang pada saat itu beliau sebagai Raja Mengwi. Pura ini dibangun sebagi tempat pemujaan bagi leluhur kerajaan dan Dewa yang berstana di pura-pura lain di seluruh Bali. Arsitektur bangunan Pura Taman Ayun memiliki keunikan dan keindahan tersendiri dengan pelinggih-pelinggih meru yang menjulang tinggi pada kompleks pura ini. Kawasan Pura Taman Ayun terbagi menjadi empat areal yang memiliki ketinggian berbeda pada setiap arealnya. Pada areal pertama yang posisinya paling luar dikenal sebagai jaba sisi yang berfungsi sebagi halaman, sedangkan pada tiga areal lainnya merupakan kompleks bangunan candi dan pelinggih dengan fungsinya yang berbeda-beda.

Selain memiliki daya tarik pesona arsitektur bangunan dan keindahan panorama yang ada disekitarnya, pada kompleks Pura Taman Ayun juga terdapat peninggalan jaman megalitikum berupa candi-candi kecil yang berbentuk seperti tempat duduk berjumlah 64 buah yang diperuntukkan untuk mengenang leluhur/kesatria yang gugur dalam perang. Pada objek wisata ini pengunjung juga dapat mengunjungi museum ogoh-ogoh yang memiliki koleksi beragam bentuk dan karakter masing-masing. Dengan segala keunikan dan sejarah yang dimiliki Pura Taman Ayun menjadikan objek wisata ini dinobatkan sebagai warisan budaya dunia (World Heritage Center) dan sekaligus menjadi destinasi wisata kebanggaan Pulau Dewata.

Ulasan