Pulau Menjangan

Pulau Menjangan merupakan sebuah pulau eksotis di sebelah barat Pulau Dewata yang dihuni oleh kawanan rusa liar (menjangan) sebagai penghuni asli pulau ini. Pulau ini menawarkan kesempurnaan dan keindahan panorama bawah laut dengan hamparan pasir putih yang masih alami dan keanekaragaman hayati laut yang sangat berlimpah. Di dekat kawasan pulau Menjangan terdapat beberapa resort seperti The Menjangan Resort, Mimpi Resort Menjangan, Taman Sari Bali Resort and Spa, dan Pondok Sari Beach & Bungalow Resort.

Untuk mencapai pulau ini, wisatawan harus menyeberang selama 30 – 45 menit melalui Pelabuhan Lalang menggunakan kapal motor (boat). Dalam perjalanan menuju pulau Menjangan wisatawan akan disuguhi panorama gunung api di daerah Jawa Timur dan barisan bukit Prapat Agung yang menyatu apik dengan birunya air laut. Untuk fasilitas pendukung yang disediakan sudah cukup lengkap di Pelabuhan Lalang, seperti restoran, penginapan, bar, dan jasa penyewaan alat diving maupun snorkeling.

Aktivitas wisata yang bisa dilakukan di pulau ini adalah tracking berliling pulau sambil menikmati keindahan bagunan pura yang berdiri megah diatas pulau eksotis ini. Kawasan wisata ini juga menawarkan aktifitas bawah air yaitu diving dan snorkeling di sekeliling pulau. Pulau Menjangan terkenal dengan aktivitas Wall-diving yaitu kegiatan menyelam pada kedalaman dengan mengikuti lajur tebing bawah laut. Tebing bawah laut di Pulau Menjangan memiliki kedalaman 20 hingga 60 meter yang dihiasi gugusan terumbu karang yang cantik dengan ekosistem bawah laut yang masih alami.

Ulasan