Klungkung

Klungkung merupakan salah satu kabupaten yang ada di provinsi Bali yang memiliki luas daerah yang paling kecil diantara kabupaten lainnya di Bali, namun dibalik luas daerah yang relatif kecil Klungkung menyimpan sejuta pesona keindahan alam yang dimilikinya. Daerah ini memiliki topografi kawasan yang beragam mulai dari dataran tinggi berupa pegunungan dan perbukitan sampai dengan dataran rendah berupa kawasan pantai yang sangat indah. Klungkung memiliki arti yang cukup besar dalam sejarah perkembanagan kerajaan di Bali karena daearah ini dahulunya adalah pusat kerajaan terbesar di Bali yang dikenal dengan kerajaan Gelgel yang saat ini masih bisa dilihat sisa-sisa kejayaan kerajaan Gelgel berupa cagar budaya Pura Dasar Buana Gelgel.

Sebagai pusat kerajaan di Bali pada jaman dahulu tentunya membuat Klungkung memiliki berbagai bangunan bersejarah peninggalan masa kerajaan Klugkung berupa candi, pura, dan beberapa bangunan lainnya. Dengan adanya peninggalan beberapa bangunan bersejarah seperti Taman Gili Kertagosa yang berada di pusat kota Klungkung dan beberapa bangunan sejarah lainnya membuat Klungkung menjadi kawasan wisata budaya dan wisata sejarah. Selain menawarkan pesona bangunan bersejarah, Klungkung juga dianugerahi pemandangan alam yang sangat indah dan eksotis yang dapat dinikmati di Pulau Nusa Penida dan Nusa Lembogan yang masuk ke dalam wilayah administrasi kabupaten Klungkung.

Pesona pulau Nusa Penida dan Nusa Lembongan saat ini telah menjadi icon wisata kabupaten Klungkung, dengan sejuta pesona yang dimilikinya membuat kedua pulau tersebut menjelma menjadi destinasi wisata favorit bagi wisatawan yang berkunjung ke Klungkung. Aktivitas wisata yang dapat dilakukan di kawasan wisata ini adalah menikmati keindahan pantai yang menghiasi setiap sudut pulau eksotis ini, selain itu juga wisatawan bisa melakukan penyelaman (diving) ataupun snorkeling di sekitar pulau untuk menikmati keindahan terumbu karang yang masih alami di kawasan pulau tersebut. Di kawasan wisata ini juga telah dibangun beberapa resort serta villa sebagai akomodasi wisatawan yang datang berkunjung. Untuk sarana dan akses transportasi menuju pulau tersebut juga telah tersedia dengan baik, selain itu untuk wisatawa yang ingin menikmati sensasi wisata menaiki kapal pesiar juaga bisa dilakukan dengan menaiki Bali Hai Cruise yang menawarkan paket wisata berlibur di pulau tersebut.

Ulasan