Karangasem

Karangasem adalah sebuah daerah yang berada di ujung timur pulau Bali. Karangasem memiliki topografi didominasi kawasan perbukitan dan juga memiliki garis pantai yang cukup panjang. Daerah penghasil salak ini memiliki pesona alam yang sangat indah perpaduan antara bukit yang hijau dan hamparan pantai berpasir putih yang sangat indah dan masih alami. Kawasan Karangasem saat ini telah menjadi tujuan wisata  populer yang dikunjungi banyak wisatawan, baik lokal maupun wisatawan mancanegara untuk menikmati suasana liburan yang tenang dan masih asri jauh dari hiruk pikuk suasana perkotaan. Dengan berbagai pesona alam yang dimiliki kabupaten Karangasem telah menjadi salah satu kawasan wisata yang dikembangkan secara serius oleh pemerintah daerah untuk menciptakan destinasi wisata baru di Pulau Dewata.

Beragam pesona wisata ditawarkan Karangasem mulai dari megahnya bangunan cagar budaya  di Taman Sukasada Ujung, objek wisata Tirta Gangga, dan wisata Desa Adat Tenganan. Selain objek wisata cagar budaya yang dimilikinya, Karangasem juga memiliki beberapa kawasan pantai yang sangat eksotis diantaranya Pantai Amed,Tulamben, kawasan Candidasa, Bukit Asah, dan saat ini yang cukup populer dikalangan wisatawan adalah pesona Pantai Perasi (Virgin Beach) yang berpasir putih dengan birunya air laut yang masih sangat alami.

Di daerah Karangasem juga terdapat objek wisata spiritual yaitu kawasan Pura Besakih yang terletak di kaki Gunung Agung. Pura Besakih ini merupakan kompleks pura terbesar yang ada di Bali bahkan di Indonesia. Kawasan Pura Besakih menempati areal sepanjang 3 km mulai dari Pura Pasimpangan disisi hilir sampai Pura Pangubengan disisi hulu, yang terdiri dari 18 pura pekideh (pendukung) yang mengelilingi Pura Penataran Agung Besakih. Pura Besakih merupakan pusat kegiatan keagamaan bagi umat Hindu di Bali, bahkan wisatawan internasional lebih mengenal kawasan Pura Besakih dengan nama "Mother Temple", yaitu Ibu dari semua pura di Bali.

Ulasan