Gianyar

Gianyar adalah sebuah kabupaten di Bali yang memiliki sejuta pesona budaya dan sebagai daerah pusat kesenian. Sebagai salah satu tujuan wisata favorit di Bali, Gianyar didukung dengan berbagai pesona alam dan budaya yang tidak bisa ditemukan di daerah lain. Daerah ini memiliki topografi berupa daerah perbukitan dengan beberapa sungai yang melintasi daerah tersebut khususnya pada Gianyar bagian utara. Gianyar memiliki berbagai bangunan dan cagar budaya  berarsitektur khas Bali tentunya yang memiliki nilai seni tinggi yang terdapat di beberapa wilayah di Gianyar seperti Pura Tirta Empul, Pura Gunung Kawi, dan berbagai pesona bangunan cagar budaya lainnya.

Pesona wisata di Gianyar menawarkan berbagai destinasi wisata alam yang dipadukan dengan wisata budaya yang dapat ditemui khususnya di daerah Ubud yang sudah terkenal sampai ke mancanegara. Segala aktivitas masyarakat yang masih kental dengan berbagai tradisi menjadi daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung di daerah ini. Selain pesona wisata alam dan wisata budaya yang ada, Gianyar juga memiliki objek wisata kebun binatang diantaranya adalah Bali Zoo Park, Bali Bird Park, dan Bali Safari & Marine Park yang menawarkan perjalanan wisata melihat berbagai koleksi satwa yang dimiliki masing-masing tempat tersebut.

Untuk wisatwan yang menginginkan wisata belanja, Gianyar juga menawarkan pesona wisata belanja berbagai pernak-pernik dan barang-barang kesenian. Terdapat berbagai artshop dan pasar seni yang terdapat di daerah ini, salah satu pusat wisata belanja favorit yang ada di Gianyar adalah pasar seni Sukawati. Berbagi barang kesenian seperti ukiran khas bali, lukisan, dan berbagi barang kerajinan bisa ditemukan dengan harga yang beragam di pasar seni ini. Dekat dengan pasar seni Sukawati juga terdapat sentra kerajinan perak yang berada di desa Celuk yang menawarkan berbagai perhiasan dan kerajinan perak yang dibuat oleh masyarakat sekitar.

Ulasan