Garuda Wisnu Kencana Cultural Park

Garuda Wisnu Kencana Cultural Park merupakan salah satu destinasi wisata yang berada di daerah Bali selatan tepatnya di Ungasan, Kuta Selatan. Garuda Wisnu Kencana (GWK) adalah taman budaya yang dibangun di kawasan bukit kapur daerah Ungasan dengan luas areal sekitar 60 hektar. Daya tarik utama dari destinasi wisata ini tentunya adalah patung Garuda Wisnu yang saat ini pembangunannya masih dilanjutkan, patung ini akan menjadi landmark Bali dengan tinggi patung ± 120 meter dan lebar sayap membentang ± 64 meter. Pembangunan Garuda Wisnu Kencana Cultural Park digagas oleh seorang maestro I Nyoman Nuarta yang merupakan salah satu pematung modern terbaik Indonesia.

Konsep kawasan Garuda Wisnu Kencana Cultural Park memadukan antara seni lahan (land art) yang menyatu dengan konsep Arsitektur Landscape modern dengan tetap memperhatikan keselarasan antara manusia, alam dan sang pencipta Tuhan Yang Maha Esa. Dengan luas areal dan berbagai fasilitas pendukung yang dimiliki, kawasan  GWK Cultural Park sering dijadikan tempat pelaksanaan acara-acara berskala regional, nasional, bahkan internasional. Infrastruktur pendukung yang ada di kawasan GWK Cultural Park diantaranya adalah Plaza Wisnu, Street Theatre, Lotus Pond, Amphitheater, ruang Pameran & Galeri Seni, Indraloka Garden, Tirta Agung, beberapa restaurant andalan GWK seperti Jendela Bali dan The Beranda, serta beberapa Butik & Toko Cinderamata.

Selain menikmati keindahan seni patung, arsitektur bangunan, serta panorama alam yang ada di kawasan GWK Cultural Park, pengunjung juga bisa melakukan berbagai aktivitas wisata lainnya seperti wisata kuliner dan wisata belanja berbagi cinderamata khas GWK. Pada jam tertentu setiap harinya pengunjung dapat menyaksikan berbagai pementasan budaya seperti Sendratari, Parade Gamelan Bleganjur, Parade Tari Kecak, Pergelaran Theater, dan berbagai acara lainnya. Bagi pengunjung yang ingin menikmati keindahan GWK dengan cara yang berbeda, pengunjung dapat menyewa kendaraan Segway yang disediakan oleh pihak pengelola.

Ulasan