Denpasar

Denpasar merupakan ibu kota provinsi Bali yang terletak berdekan dengan kabupaten Badung.  Nama Denpasar memiliki arti " pasar baru ", daerah ini sebelumnya adalah bagian dari Kerajaan badung yang berdiri pada abad ke-19. Kerajaan Badung ini pada akhirnya berhasil ditundukkn oleh Belanda pada tanggal 20 September 1906 dalam peperangan heroik yang dikenal dengan peristiwa Perang Puputan Badung, saat ini kita bisa melihat monumen peristiwa tersebut di Denpasar tepatnya pada Lapangan Puputan Badung selain itu juga bisa melihat kenangan peristiwa tersebut di Monumen Bajra Sandhi.

Sebagai sebuah kota yang menjadi pusat perkembangan perekonomian dan bisnis membuat Denpasar telah menjelma menjadi daerah yang memiliki pendapatan per kapita dan pertumbuhan yang tinggi di Provinsi Bali. Semain pesatnya pembangunan Denpasar saat ini berbagai pusat perbelanjaan dapat dengan mudah ditemui di daerah ini. Namun selain berkembangnya pusat perbelanjaan modern yang ada, Denpasar juga tetap mempertahankan sebuah kawasan pasar tradisional terbesar yang ada di kota ini yaitu Peken Badung (pasar Badung) sebagai salah satu objek wisata yang dapat dikunjungi oleh wisatawan.

Selain menawarkan pesona wisata kota (city tour) dan wisata sejarah, Denpasar juga memiliki beberapadestinasi wisata lainnya diantaranya Pantai Sanur, Pantai Sindu, Ekowisata Mangrove, Museum Bali dan beberapa tempat lainnya. Denpasar juga memiliki sebuah kawasan yang digunakan sebagai tempat menyelenggarakan event budaya tahunan yaitu Pesta Kesenian Bali yang dikenal sebagai Taman Budaya (Art Center), acara tersebut diselenggarakan setiap bulan Juni disetiap tahunnya yang akan menampilkan berbagai pesona budaya dari seluruh daerah yang ada di provinsi Bali.

Ulasan