Buleleng

Buleleng adalah sebuah kabupaten yang berada di daerah Bali utara yang didominasi areal perbukitan dan memiliki garis pantai yang cukup panjang. Dengan topografi wilayah perbukitan (pengnungan) yang berpadu dengan kawasan pesisir pantai yang dimiliki Kabupaten Buleleng membuat daerah ini memiliki ciri khas tersendiri dibandingkan dengan daerah lainnya yang ada di Bali. Kondisi topografi khas tersebut membuat daerah Buleleng dikenal dengan istilah wilayah Nyegara Gunung.

Kabupaten ini memiliki berbagai pesona wisata mulai dari suasana pengunungan sampai dengan pengalaman menikmati pesona bawah air yng indah. Pada kawasan perbukitan (pengunungan) Buleleng terdapat beberapa objek wisata air terjun diantaranya adalah Air Terjun Gitgit (Gitgit Waterfall), Air Terjun Sekumpul, Air Terjun Aling-Aling, Air Terjun Melanting, dan Air Terjun Les. Selain daya tarik wisata pegunungan, kawasan Buleleng juga memiliki wisata andalan yaitu melihat aktivitas ikan lumba-lumba yang berenang bebas di kawasan Lovina dengan menaiki perahu tradisional yang disewakan oleh penduduk setempat.

Destinasi wisata lainnya yang bisa dinikmati di Buleleng adalah kawasan Pulau Menjangan yang eksotis dengan areal terumbu karang yang sangat indah disepanjang tebing bawah pulau ini. Aktivitas menyelam menyusuri tebing bawah laut pulau menjangan ini dikenal dengan istilah Wall Diving.  Spot diving dan snorkeling lainnya yang dimiliki Buleleng adalah kawasan konservasi terumbu karang Desa Pemuteran yang memiliki pesona bawah air yang tak kalah cantik dan indah dengan spot diving Pulau Menjangan. Untuk wisatawan yang ingin menikmati pesona alam yang dimiliki kabupaten Buleleng tidak perlu khawatir akan fasilitas pendukung yang ada karena di kawasan Buleleng terdapat berbagai resort, villa, maupun hotel yang menawarkan fasilitas yang lengkap.

Ulasan