Badung

Badung adalah sebuah kabupaten yang memiliki luas wilayah membentang dari kawasan Bali tengah sampai Bali selatan. Topografi daerah Badung terdiri dari dataran tinggi berupa pegunungan sampai kawasan pesisir pantai di wilayah Bali selatan. Badung memiliki potensi kawasan yang beragam mulai dari sektor pertanian di daerah Badung utara yang merupakan daerah pegunungan berudara sejuk dan masih asri, sedangkan daerah Badung selatan merupakan dataran rendah dengan garis pantai yang cukup panjang dan berpasir putih sebagai sektor pariwisata andalan kabupaten Badung.

Dengan berbagai potensi daerah Badung telah menjadi salah satu tujuan wisatawan yang berkunjung ke Bali untuk menghabiskan liburan. Beberapa destinasi wisata  yang menjadi tujuan favorit wisatawan di daerah Badung adalah Pantai Kuta, Garuda Wisnu Kencana, kawasan wisata Nusa Dua, Pantai Pandawa, Pantai Balangan, Pantai Dreamland, Pantai Padang-Padang, Pantai Jimbaran, dan masih banyak objek wisata pantai berpasir putih yang dimiliki kabupaten Badung. Selain berbagai destinasi wisata pantai,  Badung juga memiliki objek wisata cagar budaya Pura Taman Ayun dan objek wisata Sangeh.

Objek wisata lainnya yang juga tak kalah terkenal di kawasan Badung adalah Pura Uluwatu yang berada tepat di ujung selatan pulau Bali. Pura Uluwatu menawarkan pemandangan yang sangat indah berupa bagunan pura yang megah berdiri kokoh diatas tebing curam batu karang yang menghadap langsung ke samudra Hindia. Pada hari-hari tertentu wisatwan juga bisa melihat pementasan Tari Kecak dan Ramayana pada areal panggung terbuka di sebelah selatan kawasan Pura Uluwatu. Pementasan tari Kecak dan Ramayana tersebut akan ditutup dengan panorama matahari terbenam (sunset) di ujung cakrawala yang akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan bagi wisatawan yang berkunjung ke objek wisata ini.

Ulasan