Tari Barong Bali Di Batubulan

Wisata Budaya

Kode: CH0AC0N0000017

Selain terkenal akan objek wisata pantai, gunung berapi dan sawah terasering, Bali juga terkenal dengan Seni dan Budaya, salah satu seni dan budaya yang sering dicari oleh wisatawan domestik dan mancanegara adalah Kesenian Tari Barong Bali. Salah satu tempat pertunjukan Tari Barong Bali ada di desa Batubulan, Kabupaten Gianyar.

31 Jul 2020 16:53


Harga IDR 80000.00 / Orang

Desa Batubulan adalah bagian wilayah administratif Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Propinsi Bali, Indonesia Desa wisata ini juga dikenal sebagai tempat penyelenggaraan berbagai seni pertunjukan khas Bali, seperti Tari Kecak, Tari Barong, serta Tari Legong. Dari Kota Denpasar, Batubulan berjarak sekitar 10 km atau membutuhkan waktu sekitar 15 menit menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum (taksi/mobil carteran). Sementara, jika wisatawan memulai perjalanan dari Pantai Kuta maupun kawasan Nusa Dua, dibutuhkan waktu + 45 menit.

Wisatawan yang mengunjungi Pulau Bali kerap mengasosiasikan Desa Batubulan sebagai penghasil benda-benda seni patung dengan bahan dasar batu.Anggapan ini tentu tidak keliru, karena di desa ini wisatawan dapat dengan mudah menjumpai galeri dan art shop yang memajang beraneka patung, seperti Ganesha, Buddha, para dewa dan dewi, para pahlawan, serta bentuk-bentuk patung lainnya yang lebih modern. Tak hanya itu, di desa ini juga banyak para pengrajin ukir-ukiran dari kayu serta kerajinan-kerajinan dari bambu. Selain dijual di tempat, hasil karya masyarakat Desa Batubulan itu telah diekspor ke berbagai negara sebagai hiasan pelengkap taman, kantor, serta hotel.

Pertunjukan Tari Barong

Untuk menarikan Tarian Barong Bali, di perlukan 2 orang penari laki-laki. Satu penari berada di depan dan satu penari berada di bagian belakang. Penari di bagian depan bertugas menarikan kepala dan kaki bagian depan Barong. Sedangkan penari kedua di bagian belakang, bertugas untuk menarikan bagian ekor dan kaki belakang.

Di Bali ada berbagai jenis atau tipe Barong dan yang paling terkenal adalah Barong Ket dan Barong Bangkung. Untuk di pementasan tarian Barong di Batubulan, hanya mementaskan Barong Ket. Tempat pementasan dengan panggung yang memiliki design arsitektur khas Bali. Hampir setiap hari, pementasan tarian Barong Batubulan tidak pernah sepi dari kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara. Jadi kapanpun Anda berwisata ke Bali, Anda akan dapat menonton pertunjukan Tari Barong Bali. Pertunjukan Tari Barong Bali, dimulai pada pukul 09:30 wita.

Untuk Anda sang pencinta seni, dapatkan harga spesial dari Khrisna Bali Dwipa Tours & Travel. untuk menonton Tarian Barong Bali di Batubulan.

  • Harga berlaku untuk wisatawan Domestik, pemegang KTP, KIMs atau KITAS.
  • Pembatalan tiket karena keterlambatan datang di tempat pertunjukan, tetap akan dikenakan biaya penuh.
  • Pembatalan tiket pada tanggal pemesanan pementasan, akan dikenakan biaya pembatalan penuh.
  • Pembatalan pemesanan tiket 1-2 hari sebelum tanggal pemesanan pementasan, dikenakan biaya pembatalan sebesar 50 % dari total pembelian.

Ulasan