Snorkeling 3 Gili Lombok

Wisata Pertualangan

Kode: CH0AC0N0000033

Tiga Pulau Gili di Lombok adalah Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno. Di semua Gili tersebut, sangat populer sebagai surganya menyelam seperti diving maupun snorkeling, karena beberapa titik (dive sites) nya memiliki keindahan bawah laut yang mempesona.

24 Sep 2017 08:14

Pulau Lombok merupakan sebuah pulau yang berada di kepulauan Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Terletak tepat di sebelah timur Pulau Bali, ibukota dari pulau ini adalah Kota Mataram. Untuk melayani transportasi udara, Pulau Lombok memiliki Bandara Udara Internasional Lombok yang berada di Kabupaten Lombok Tengah.

Tempat Wisata di Lombok juga dikenal sangat indah dan menarik untuk dikunjungi. Dari sekian banyak tempat wisata, ada yang merupakan tempat wisata favorit di Indonesia, bahkan menjadi favorit wisatawan asing. Tempat wisata tersebut yaitu 3 pulau atau Gili yang cukup terkenal. Ketiga Pulau Gili ini adalah Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno. Di semua Gili tersebut, sangat populer sebagai surganya menyelam seperti divingmaupun snorkeling, karena beberapa titik (dive sites) nya memiliki keindahan bawah laut yang mempesona. Seperti apakah keseruan dan keindahan dari ketiga Gili tersebut? berikut ulasannya.


Gili Trawangan

Gili Trawangan adalah Gili terbesar dari ketiga Gili tersebut, namun letaknya paling jauh dari Pulau Lombok. Pulau ini memiliki panjang 3 km dan lebar 2 km, serta berpenduduk sekitar 800 jiwa. Gili Trawangan memiliki fasilitas dan hiburan yang paling lengkap dan tempat terfavorit wisatawan dari ketiga Gili. Gili Trawangan merupakan destinasi favorit bagi wisatawan, terutama wisatawan mancanegara. Anda akan disuguhkan oleh pemandangan laut yang biru dan jernih, hamparan pasir yang putih bersih, dan indahnya pemandangan Gunung Agung Bali dari kejauhan.


Akifitas populer yang sering dilakukan wisatawan adalah Scuba Diving, karena ombaknya yang cukup tenang. Bagi Anda yang baru bermain Scuba Diving ini, Anda tidak perlu khawatir karena Anda akan ditemani dan dipandu oleh instruktur-instruktur profesional yang bersertifikat PADI. Selain itu, Anda juga dapat bermain Kayak, Snorkeling, berselancar (surfing), atau melepas Tukik (anak penyu) ke Laut. Ada juga tempat bagi wisatawan untuk belajar Berkuda dan persewaan Kereta Kuda atau Cidomo untuk mengelilingi pulau.

Di pantai Gili Trawangan ini, Anda dapat menikmati pemandangan sunrise dan sunset sekaligus. Karena Gili Trawangan memiliki pantai yang menghadap timur dan menghadap barat, dan jaraknya tidak terlalu jauh. Sehingga baik sunrise maupun sunset dapat Anda nikmati sekaligus di pantai ini.

Fasilitas di Gili Trawangan ini cukup lengkap, terdapat Cafe, Bar, Restoran, Hotel dan Resort. Setiap malam Anda dapat menikmati pesta dengan suguhan atraksi dan alunan musik sepanjang malam, sangat ideal bagi Anda yang berjiwa muda.



Gili Air

Gili Air adalah Gili yang letaknya paling dekat dengan Pulau Lombok. Gili Air memiliki luas sekitar170 Ha dan merupakan tempat wisata favorit keluarga maupun bagi Anda yang menyukai ketenangan. Penduduk di sini sangat ramah dan seringkali mengucapkan ‘Selamat Datang’ ke para wisatawan.

Gili Air menyuguhkan pemandangan yang indah, pantai yang biru, dan pasir yang putih. Keindahan tersebut semakin dapat Anda nikmati karena di Gili Air suasananya sangat damai dan tenang. Anda juga dapat melakukan Snorkeling dan berenang di pinggiran pantai. Anda dapat menikmati keindahan bawah laut serta ditemani oleh aneka ikan-ikan karang, kuda laut dan penyu.


Kawasan Snorkeling di sini memiliki kedalaman sekitar 1 sampai 3 meter, sedangkan di area terdalam sudah dipasang pengaman berupa tali. Tali ini berfungsi sebagai penanda agar kita tahu bahwa kita melewati kawasan yang aman untuk melakukan snorkeling dan tali tersebut dapat juga digunakan sebagai alat bantu pegangan untuk kita jika dalam keadaan panik, karena kita sudah melewati kawasan aman untuk Snorkeling.

Untuk akomodasi penginapan, di Gili Air juga terdapat Hotel ataupun Rumah penduduk yang disewakan. Selain itu, juga terdapat restoran, cafe, dan diskotik. Bagi Anda yang ingin mengelilingi Gili Air, di sini juga terdapat persewaan sepeda.



Gili Meno

Gili Meno terletak di tengah-tengah Gili Trawangan dan Gili Air, dan merupakan Gili terkecil dari ketiga Gili. Gili Meno sangat ideal bagi Anda yang menyukai keindahan wisata di tengah damai kesunyian, karena Gili Meno adalah Gili tersepi dari ketiga Gili yang ada. Gili ini memiliki Pantai yang indah, air laut yang biru, dan hamparan pasir putih yang indah, seperti Gili-Gili yang lainnya namun pantai di Gili Meno merupakan pantai yang terindah diantara ketiga Gili.


Gili Meno sangat cocok bagi Anda yang ingin menenangkan diri dari ramai dan padatnya perkotaan. Anda akan serasa berada di pulau pribadi ketika berada di Gili Meno. Pantai di sini dapat Anda jelajahi sekitar 90 menit dengan berjalan kaki, selain itu Anda juga dapat menggunakan Cidomo atau kereta kuda, karena di pulau ini tidak ada mobil atau motor.

Meskipun sepi, sebenarnya Gili ini memiliki penduduk sekitar 400 orang. Namun, sebagian besar penduduk tinggal di sekitar akses jalan yang menghubungkan satu pulau ke pulau lainnya. Anda juga dapat mengunjungi sebuah Danau air asin yang berada di sisi barat pulau, danau ini cukup luas dan dikelilingi oleh hutan bakau yang menjadi sarang bermacam jenis burung.

Seperti di Gili-Gili yang lain, Anda juga dapat melakukan Snorkeling dan Diving. Anda dapat menikmati panorama bawah air ditemani berbagai ikan-ikan laut yang eksotis dan penyu. Selain itu, Anda juga dapat mengunjungi penangkaran Penyu dan Taman Burung di Gili Meno ini. Di Gili Meno ini juga terdapat Hotel, penginapan, restoran, warung atau cafe yang menyediakan aneka hidangan sea food.



Bagaimana Cara Untuk Menuju Ke 3 Gili?

Akses untuk menuju ketiga Gili tersebut adalah dengan menggunakan fast boat dari Pelabuhan Padangbai dan Pelabuhan Benoa, jika Anda berangkat dari Bali. Dengan lama waktu perjalanan sekitar 1,5 jam. Jika Anda ingin berhemat, Anda juga dapat menggunakan kapal feri dari Pelabuhan Padangbai ke Pelabuhan Lembar, Lombok. Namun, waktu yang dibutuhkan agak lama (sekitar 4 jam perjalanan) karena Anda akan transit dulu ke Pelabuhan Bangsal, sebelum Anda menyeberang ke Gili.

Aktivitas Snorkeling Di 3 Gili

Aktivitas berenang atau snorkeling di Gili secara umum bisa dilakukan di tepi pantai gilinya. Ada beberapa spot pantai di Gili yang memang disediakan khusus untuk berenang karena dataran pantainya yang berpasir putih, bersih dan jernih dengan karang berwarna warni beserta ikan ikan kecilnya. Apabila Anda ingin berenang, harap untuk diperhatikan dipastikan terlebih dahulu spot pantai sebelah mana yang cocok untuk berenang ataupun snorkeling, karena pada beberapa bagian pantai juga ada yang tidak pas untuk berenang karena misalnya banyak ditumbuhi tanaman-tanaman laut, berbatu karang ataupun kotor karena dipenuhi kapal atau boat.

Jangan lupa memperhatikan batas area pantai yang diperbolehkan untuk berenang (biasanya ditandai dengan tali atau bola yang mengapung di atas laut) karena semakin jauh kita berenang dari tepi pantainya maka kontur bawah lautnya akan semakin curam, bahkan dibeberapa titik terdapat patahan langsung yang menyebabkan air lautnya semakin dalam. Cermati warna air pantainya, semakin dalam maka akan semakin gelap warna biru airnya.

Peserta 2 - 5 Pax
IDR 600.000 / Orang
Peserta 6 - 10 Pax
IDR 550.000 / Orang
Peserta 10 - 15 Pax
IDR 400.000 / Orang
  1. Keberangkatan kapal untuk paket snorkeling 3 Gili dari Gili Trawangan (waktu dapat dimulai bebas) / aktivitas paket Snorkeling bisa di mulai sesuai jadwal tamu,
  2. Paket Snorkeling sudah include kapal glass botom, peralatan snorkeling lengkap,
  3. Lokasi awal paket snorkeling mengunjungi Gili Trawangan, di lanjutkan ke Gili Meno, dan terakhir di Gili Air dan kapal akan merapat ke Gili Air untuk istirahat,
  4. Blue coral pon, Turtle heaven poin, Garden fish poin,
  5. Peserta Snorkling private.
  • Peralatan snorkling lengkap (Masker, Aqua, Life Jacket),
  • Kapasitas kapal privat max 15 pax,
  • Waktu memulai activity bebas karena mengikuti schedule tamu,
  • Harga berlaku sampai dengan 2018,
  • Harga ini tidak termasuk Makan Siang,
  • Diberikan waktu istirahat di Gili Air, peserta bisa memilih restoran sesuai budget dan selera untuk makan siang di Gili Air.

Ulasan