Foto Pakaian Adat Bali

Wisata Budaya

Kode: CH0AC0N0000027

Seperti yang sudah diketahui hampir semua suku di tanah air memiliki ciri khas sendiri, terutama dalam tata berpakaian adat sehingga bisa tampil indah, cantik, agung dan menawan, menjunjung tinggi etika serta estitika berpakaian, yang akan membuat seseorang tampil spesial.

26 Jul 2020 18:06

Pakaian Adat Bali kalau dilihat sekilas terkesan sama. Padahal sebenarnya Pakaian Adat Bali sangat bervariasi. Dengan melihat Pakaian Adat Bali yang dikenakan seseorang dalam  suatu acara, bisa dilihat status ekonomi dan status pernikahannya. Namun, tak dapat dipungkiri bahwa Pakaian Adat Bali memiliki keanggunan dan citra tersendiri.

Ada tiga jenis Pakaian Adat Bali yang umum dikenakan oleh masyarakat Bali:

  • Pakaian adat untuk upacara keagamaan,
  • Pakaian adat untuk upacara pernikahan,
  • Pakaian adat untuk aktivitas sehari-hari.

Pakaian Adat khas Bali ini berbeda antara yang dipakai oleh laki-laki dan perempuan.

Misalnya pemakaian sanggul ke pura oleh remaja putri. Mereka memakai sanggul atau pusung gonjer sedangkan untuk perempuan dewasa (sudah menikah) menggunakan sanggul (pusung tagel). Busana Agung adalah Pakaian Adat Bali yang paling mewah. Pakaian Adat Bali yang satu ini biasanya dipakai pada rangkaian acara ‘Potong Gigi’ atau Perkawinan.

Busana Agung mempunyai beberapa variasi tergantung tempat, waktu dan keadaan. Kain yang digunakan dalam pakain adat Bali yang satu ini adalah wastra wali khusus untuk upacara atau wastra putih sebagai simbol kesucian. Tapi, tak jarang pula kain dalam Pakaian Adat Bali ini diganti dengan kain songket yang sangat pas untuk mewakili kemewahan atau prestise bagi pemakainya.

Sedangkan untuk laki-laki Bali selain menggunakan kain tersebut sebagai Pakaian Adat Bali. Mereka juga memakai kampuh gelagan atau dodot yang dipakai hingga menutupi dada.

Sementara, perempuan Bali sebelum menggunakan Busana Agung biasanya menggunakan kain lapis dalam yang disebut sinjang tau tapih untuk mengatur langkah wanita agar tampak anggun.

Pakaian Adat Bali selain mempunyai nilai keindahan, tapi di dalamnya juga terkadung nilai – nilai filosofis dan simbolik yang tersembunyi dalam bentuk, fungsi, dan maknanya. Itulah sebabnya dalam Pakaian Adat Bali dihiasi oleh berbagai ornamen dan simbol yang mempunyai arti tersindiri.


Filosofi dalam Pakaian Adat Bali

Pakaian Adat Bali menyimpan nilai filosofi yang sangat mendalam. Filosofi Pakaian Adat Bali dalam beberapa hal mungkin hampir sama dengan kebanyakan pakaian adat daerah lain, namun karena Bali juga merupakan salah satu tempat yang disakralkan dan sudah mendunia, maka filosofi Pakaian Adat Bali ikut menjadi penting dalam eksistensinya. Pakaian Adat Bali memiliki stAndardisasi dalam kelengkapannya.

Pakaian Adat Bali lengkap biasanya dikenakan pada upacara adat dan keagamaan atau upacara perayaan besar. Sedangkan pakaian adat madya dikenakan saat melakukan ritual sembahyang harian atau pada saat menghadiri acara yang menggembirakan. Seperti pada saat pesta kelahiran anak, sukses memperoleh panen atau kelulusan anak dan penyambutan tamu.

Filosofi Pakaian Adat Bali pada dasarnya bersumber pada ajaran Sang Hyang Widhi, yakni Tuhan yang diyakini memberikan keteduhan, kedamaian dan kegembiraan bagi umat Hindu yang mempercayainya.


Foto Pakaian Adat Bali

Foto Pakaian Adat Bali merupakan kegiatan yang sangat menarik untuk melengkapi liburan di Bali Anda. Foto Pakaian Adat Bali bisa Anda lakuka bersama rekan, keluarga maupun dengan pasangan. Pentingnya dokumentasi selama berlibur untuk semua aktivitas wisata di Bali Anda termasuk foto pakainan adat Bali merupakan alasan utama kami menawarkan aktivitas Foto Pakaian Adat Bali.

Dalam kegiatan Foto Pakaian Adat Bali, Anda akan dirias sesuai pilihan tata rias yang ada seperti model pasangan pengantin yang terkesan megah dan agung, untuk pasangan laki-lakinya lengkap dengan sebilah keris terselip pada punggungnya, menjadi pilihan paling populer, ada juga busana untuk sejumlah tarian yang terlihat cantik dan menawan yang disukai oleh anak-anak.

Pakaian Adat Bali sendiri ada beberapa macam, seperti saat mengikuti upacara persembahyangan ke pura, acara kondangan tempat hajatan orang lain seperti menghadiri acara pernikahan, acara tiga bulanan dengan kesan yang biasa biasa saja sering kita sebut dengan pakaian adat madya. Pakaian yang terkesan mewah akan dikenakan pada saat seseorang melakukan upacara potong gigi dan juga upacara pernikahan yang sering kita sebut dengan pakaian adat agung atau rias Agung. Begitu juga saat Foto Pakaian Adat Bali Anda akan dirias menggunakan busana Agung, sehingga tampilan Anda terlihat sangat berbeda dan spesial. Pakaian yang digunakan terkesan istimewa, tata busana berbeda, seperti Foto Pakaian Adat Bali untuk laki-laki menggunakan kamben, berikut kampuh menutup sampai ke dada, juga destar ikat kepala, lengkap dengan keris terselip di punggung, sedangkan Foto Pakaian Adat Bali untuk wanita menggunakan sanggul dan sinjang, lengkap dengan atribut kemewahan seperti kain songket ataupun kain motif prada, yang akan melengkapi kecantikannya. Sedangkan Foto Pakaian Adat Bali anak juga tersedia busana Agung yang sesuai untuk Foto Pakaian Adat Bali.

Kegiatan Foto Pakaian Adat Bali ini sangat menarik dan telah banyak dilakukan oleh wisatawan asing maupun domestik. Dengan penata rias dan fotographer profesional yang siap memberikan pelayanan terbaiknya untuk liburan di Bali Anda yang lebih berkesan. Anda bisa menyesuaikan acara tour di Bali, selain mengunjungi objek wisata, juga bisa mengemasnya melakukan sesi pemotretan Foto Pakaian Adat Bali.

Lokasi tempat pemotretan, mudah dijangkau baik itu dari Kuta, Legian, Sanur, Nusa Dua Jimbaran ataupun Denpasar. Sebaiknya Anda melakukan pemesanan karena jadwal yang terbatas.

1 – 2 Pax
IDR 300.000 / Orang
3 - 5 Pax
IDR 250.000 / Orang
6 Pax ke atas
IDR 225.000 / Orang
  • Harga nett sudah termasuk tax and service
  • Termasuk sewa pakaian adat Bali
  • Dapatkan special harga untuk group
  • 10 Lembar foto ukuran 4R
  • 2 Lembar foto ukuran 10R
  • CD
  • Rias Adat Bali

Ulasan